Saturday, May 10, 2008

Seni Membentuk Manusia

Wahh....gak ngembang tapi agak gosongg,spontan aku berteriak ketika tahu hasil gorengan krupukku yang bentuknya aneh bin ajaib.Sore ini aku menggoreng krupuk udang yg kecil-kecil.
Baru kusadari,ternyata untuk menggoreng krupuk saja ada ilmunya.Aku mengira kalau menggoreng krupuk harus dengan minyak yang panas.Ternyata aku salah,malah krupuknya jadi gosong dan tidak mengembang.Krupuk ini hanya bagus jika digoreng dengan api kecil dan minyaknya tidak terlalu panas.


Demikian juga menangani manusia. Bagi orang-orang yang bergelut di dunia tarbiyah,pembinaan dan pendidikan sangat paham tentang hal ini.Memasak membutuhkan seni,mendidik juga membutuhkan seni,maka tarbiyah dan pembinaan sejatinya adalah SENI MEMBENTUK MANUSIA.Seni yang menjadikan manusia menjadi terwarnai dengan celupan indah yang berasal dari celupan Allah.
" Shibghah Allah, dan siapakah yang lebih baik shibghahnya daripada Allah? Dan hanya kepada-Nyalah kami menyembah"(Quran 2:138)
Hanya celupan (shibghah) Allah yang paling indah yang harusnya menjadi warna dalam hidup ini.
Untuk melukis warna itu,bukan pekerjaan yang mudah.seperti menggoreng kerupuk,jika tak tahu caranya bisa jadi hasilnya lain dari yang diharapkan.
Tapi bagi yang mengetahui seni membentuk manusia,pekerjaan tarbiyah dan pembinaan adalah sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan....dunia dan akhirat :) wallahu a`lam bis shawab.(tari)

No comments: