Saturday, April 12, 2008

Perawatan kecantikan dengan menggunakan bahan alam

*Oleh : Sri Lestari,Ssi.,Apt

Perawatan kecantikan dapat menggunakan berbagai macam metode dan bahan, dari mulai kimia sintetis hingga bahan yang tersedia di alam. Dewasa ini orang lebih suka menggunakan bahan alam sebagai bahan untuk mempercantik diri karena resiko dan efek samping yang lebih kecil.


Titik fokus di dalam perawatan kecantikan adalah membuat cantik, segar dan awet muda.Penuaan adalah sebuah keniscayaan dan sunatullah, tetapi proses penuaan dapat dipercepat oleh beberapa sebab. Proses penuaan yang lebih cepat terjadi ini sering disebut dengan penuaan dini. Sebabnya diantaranya adalah pemakaian kosmetika yang kurang tepat, paparan sinar ultra violet matahari, stress, asupan gizi yang tidak seimbang serta polusi. Hal-hal tersebut di dalam tubuh akan menyebabkan penumpukan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh termasuk jaringan kulit. Pada kulit, radikal bebas akan menyerang kolagen dan elastin, zat yang menjaga kulit agar tetap lembab, halus, fleksibel dan elastis. Ketika zat-zat kolagen dan elastin rusak maka timbul kerutan pada kulit..
Untuk menangkal radikal bebas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan- makanan yang mengandung antioksidan.Antioksidan inilah yang akan mengikat radikal bebas dan menetralisirnya sehingga tidak merusak jaringan tubuh. Antioksidan sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga diperlukan suplai dari luar tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C, Vitamin E dan betakaroten


Vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai penghasil kolagen dan pemeliharaan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, mampu membantu produksi sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, mempercepat penyembuhan luka, pendarahan, gusi berdarah, sariawan dan penyerapan zat besi.
Untuk dewasa dibutuhkan setidaknya 90 mg per hari.perokok membutuhkan 125 mg per hari.
Sumber vitamin C di dapat dari buah-buahan dan sayuran seperti tomat, jeruk, mangga, strawberry, pepaya, semangka,kembang kol,jambu biji dll.
Vitamin E
Vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Juga berperan penting dalam metabolisme setiap sel tubuh. Kebutuhan 15 mg per hari.Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E atau suplemen Vitamin E dapat melindungi dari serangan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak jaringan tubuh.Tetapi harus hati-hati mengkonsumsinya, jangan sampai terlalu berlebihan.
Makanan yang bnayak mengandung Vitamin E diantaranya adalah kacang-kacangan, alpokat, almond, margarin, ikan salmon, minyak zaitun, minyak jagung, minyak bunga matahari.
Vitamin A (Betakaroten)
Vitamin A diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan dan membantu pembentukan struktur kulit, rambut, gigi dan mata yang sehat. Vitamin A merupaan salah satu vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, K), artinya bila kita tidak mengkonsumsi lemak sama sekali, baik lemak hewan maupun dalam bentuk minyak, maka kita tidak bisa mendapat manfaat vitamin A.
Makanan yang mengandung Vitamin A antara lain telur, daging, susu, keju, hati, bayam, wortel, labu, brokoli, pepaya, mangga, paprika dan jagung.
Setiap hari dibutuhkan kira-kira sebuah wortel ukuran sedang atau sayur bayam satu mangkok ukuran sedang, atau satu cangkir susu.
Untuk penggunaan suplemen vitamin yang larut dalam lemak sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter karena jika terjadi kelebihan di dalam tubuh tidak dapat langsung dikeluarkan dari tubuh.
Untuk mendapatkan manfaat dari bahan alam yang ada maka perlu diperhatikan tentang cara pengolahan yang tepat.Berikut ini yang perlu diperhatikan :
1.Jangan memasak sayuran terlalu lama. Didihkan air, baru masukkan dan angkat sebelum terlalu matang. Pemasakan yang terlalu lama akan menghilangkan Vitamin C yang dikandungnya.
2.Ketika memasak sebaiknya panci ditutup untuk menghindari hilangnya vitamin karena proses penguapan.
3.Bila membuat jus, setelah diblender sebaiknya langsung dikonsumsi.
4.Untuk memasak makanan yang mengandung vitamin yang larut dalam lemak seperti Vitamin E dan A, sebaiknya ditambahkan dengan sedikit minyak/ ditumis dulu agar penyerapan vitamin ke dalam tubuh lebih bagus.
***
Selain perawatan kecantikan dengan memenuhi asupan gizi dalam tubuh, juga perlu dilakukan perawatan luar yang langsung bersentuhan dengan kulit.
Untuk melakukan perawatan ini harus terlebih dahulu diketahui jenis kulitnya.Bahan-bahan untuk melakukan perawatan tersebut juga tidak perlu yang sulit dicari tetapi yang ada di sekitar kita, terutama bahan-bahan yang ada di dapur.
Untuk perawatan sederhana terhadap kulit terutama wajah titik fokusnya adalah membersihkan dari kotoran, menghilangkan kulit sel-sel kulit mati, dan melembabkannya.
Untuk membersihkan bisa dengan air biasa dan sabun muka atau cream pembersih yang cocok untuk jenis kulit.
Untuk membersihkan sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam bisa menggunakan scrub atau peeling yang dilakukan seminggu 2x sehingga akan membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel sekaligus merangsang pembentukan sel kulit baru. Kemudian dapat dilanjutkan dengan penggunaan masker.
Untuk melembabkan bisa dipakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.
Berikut ini contoh-contoh resep sederhana yang ada di sekitar kita untuk melakukan perawatan kecantikan.
Resep ini khususnya untuk kulit berminyak.
Pembersih lidah buaya (Aloe Cleanser)
½ Cangkir daging lidah buaya yang dikerok hingga berbentuk cairan bening agak kental
2 sdm susu cair
Campur dan gosokkan lembut dan merata pada wajah, biarkan beberapa menit, cuci bersih
Scrub gula
1 sdt gula putih
1 sdt sabun cair
½ sdt air perasan jeruk nipis
Campur rata dan gosokkan lembut dengan gerakan memutar
Penyegar ketimun
2 sdm air perasan ketimun
1 sdm air mawar
Campur dan tepuk-tepuk merata pada kulit wajah yang sudah dibersihkan
Penyegar madu
1 sdm madu
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 sdm air mawar
Campur rata dan tepuk-tepuk pada kulit wajah yang sudah dibersihkan
Masker buah
1 buah tomat agak kecil, haluskan
1 sdm ketimun parut
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 putih telur
Kocok putih telur hingga mengembang dengan blender atau mixer, campur rata kemudian oleskan pada wajah hingga kering kemudian cuci bersih
Masker yang lainnya :
1.Alpokat
Alpokat sangat cocok untuk kulit kering dan bersisik. Kerok alpokat matang, haluskan dan balurkan pada wajah.
2.Telur
Telur terutama putihnya dapat melembutkan kulit. Kocok rata, balurkan biarkan beberapa lama, cuci bersih.
3.Tomat
Tomat sangat efektif untuk memerangi komedo dan kandungan minyak yang berlebih pada wajah. Tomat yang dihaluskan dapat melembabkan sekaligus membersihkan dan mengangkat sel kulit mati.
4.Pepaya
Pepaya matang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Pepaya matang dihaluskan kemudian dibalurkan pada wajah, diamkan beberapa saat kemudian dicuci bersih.
5.Jeruk nipis
Air perasan jeruk nipis dicampur dengan putih telur kemudian dioleskan pada wajah 10-15 menit, cuci bersih
Selain yang disampaikan di atas, masih banyak sekali bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.Contoh :
*Untuk menghaluskan kulit tangan dan telapak tangan
Ambil sisa ampas kopi atau bubuk kopi, beri sedikit air dan balurkan serta gosok lembut di kulit dan telapan tangan. Biarkan beberapa saat, kemudian basuh dengan air. Maka akan terasa kulit lebih halus dan lembut.
*Untuk perawatan rambut bisa menggunakan lidah buaya yang digosokkan pada kulit kepala atau menggunakan jeruk nipis, kemudian dicuci bersih.
Catt : untuk menggunakan lidah buaya ada yang perlu diperhatikan. Sebaiknya sebelum digunakan ditiriskan dulu getahnya. Potong ujung-ujungnya dan biarkan beberapa saat sehingga getah kuning yang keluar dari kulitnya menetes keluar. Getah kuning ini seringkali menimbulkan gatal dan iritasi. Setelah getah kuningnya habis, belah menjadi dua bagian sehingga terlihat dagingnya yang bening, kerok pelan2 dengan sendok sehingga didapatkan cairan bening kental yang dapat langsung digunakan. Setelah dikerok sebaiknya langsung dugunakan karena akan mengalami oksidasi dalam beberapa jam.(tari)

No comments: